TOKOPEDIA
Instagram
www.modifparts.com

Artikel Knalpot Mobil racing


18 April 2014

BAGI sebagian pemilik mobil yang suka modifikasi, knalpot menjadi satu bagian yang sering menjadi sasaran utak atik. Alat pembuangan gas dari sistem pembakaran mesin standar pun diganti agar tidak lagi standar. "Knalpot standar kurang gereget," ujar Adi Setiawan (24), saat ditemui Tribun Jateng, Minggu (8/9/2013).

Sejak setahun lalu, Adi memasang knalpot racing pada mobil Suzuki Baleno keluaran 1997 miliknya. Anggota Komunitas Drag Racing Team (KDRT) Semarang dan Baleno Club Indonesia (BCI) Semarang itu lebih puas atas performa mobil berknalpot racing.

"Pakai knalpot bronk (knalpot racing), tarikan dan lari mobil jadi lebih kencang.

Style-nya juga dapat, bentuk dan suaranya lebih oke. Saya suka touring bersama istri atau teman-teman, pakai mobil berknalpot bronk lebih mantap," ujarnya.

Demikian juga yang diungkapkan Dani Setiawan (23). Warga Tembalang itu tidak puas pada knalpot standar yang terpasang pada mobil Daihatsu Sirion keluaran 2013 miliknya.

Saat ditemui, Dani berada di bengkel knalpot untuk mengganti knalpot mobil berwarna abu-abu itu dengan knalpot balap. Setelah mencoba empat buah knalpot, barulah dia menemukan yang cocok dan meminta montir untuk memasang.

Menurut Dani, suara knalpot menjadi pertimbangan utama karena dia tinggal di kompleks perumahan. Dia memilih yang suaranya bisa menyesuaikan kecepatan mobil agar tidak mengganggu tetangga saat melewati gang.

"Saya pengen pakai knalpot racing bukan karena suaranya. Saya pilih knalpot racing yang kalau mobil jalan pelan suaranya juga pelan. Pas mobil digeber, baru suaranya kenceng," ujar pria yang berprofesi sebagai teller di BCA Pemuda, Semarang, itu.

Sebelum memutuskan memasang knalpot balap pada mobil barunya, Dani berkonsultasi pada teman-temannya yang lebih tahu. Terutama, mereka yang giat di komunitas mobil. "Mikir-mikirnya tiga bulan lebih, biar nggak kecewa setelah dipasang," katanya.

Dani merogoh kocek Rp 1,1 juta untuk knalpot baru itu. Menurut dia, jumlah itu sebanding dengan apa yang didapat. "Saya memang butuh mobil yang lebih enak dipakai buat perjalanan jauh ke luar kota. Dua minggu sekali biasanya saya ke Jogja atau Wonosobo," ujarnya.

Menurut Kelvin-www.modifparts.com menyatakan, setiap hari ada 25 hingga 40 pelanggan yang konsultasi dan Deal harga untuk ganti atau beli header custom.

"Pelanggan maunya macam-macam. Ada yang mau knalpot yang suaranya keras. Ada yang lebih mementingkan tarikan dan kecepatannya. Ada juga yang ganti knalpot cuma karena tampilannya," ujar Kelvin.

Kelvin menjelaskan, ada dua jenis modifikasi yang biasa menjadi pilihan pelanggan. Yakni, variasi ujung pembuangan dan ganti knalpot racing. Jenis variasi ujung pembuangan adalah modifikasi di bagian ujung knalpot atau ujung pipa pembuangan.

Sedangkan knalpot racing berupa tabung peredam suara atau muffler lengkap dengan ujung pembuangannya. Biasanya, penggantian model racing dilakukan satu set: mulai manifold, pipa, muffler, hingga ujung pembuangan.

"Variasi ujung pembuangan lebih ke bentuknya yang bagus. Kalau model racing lebih ke performa mobil balap atau off road," ujarnya.

MenurutKelvin berbagai merek knalpot lokal, baik model racing maupun variasi ujung pembuangan, bisa ditemui di pasaran. Bahan yang digunakan juga bermacam-macam, seperti stainless steel, galvalum,galvanis, dan titanium. "Knalpot berbahan titanium paling mahal.

Di modifparts.com, berbagai variasi ujung pembuangan dibanderol sekitar Rp 200.000-Rp 600.000. Sedangkan knalpot racing, berupa muffler dan ujung pembuangan, dihargai sekitar Rp 300.000-Rp 2,5 juta. Rata2 400rb.

"Harga itu belum termasuk kelengkapan, misalnya pipa untuk racing, dan ongkos pasangnya. Ganti knalpot racing satu set (dari manifold, pipa, sampai ujung pembuangan) bisa Rp 1,75 juta sampai Rp 3 juta," ujar Kelvin.

kelvin mengingatkan, mengganti knalpot standar ke knalpot racing bisa membuat tarikan lebih enak dan suara bas/kering sesuai tipe dan model yang di inginkan konsumen, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu.

mengganti knalpot tidak membuat boros bensin jika ukuran inletnya pas dan membawa mobilnya tidak terlalu injak gas dalam-dalam.

Untuk penggantian header dan knalpot akan membuat mobil boros bensin akan tetapi wajar saja karena tenagapun naik dibanding sebelum dipasang. Boros tidak terlalu banyak seperti mulanya 1:10 menjadi 1:8.



Baca juga
  » 17 November 2016
Modifikasi Honda Jazz
Modifikasi yang dilakukan Putu terhadap Honda Jazz keluaran tahun 2011 ini memang terbilang ekstrim.

  » 18 April 2014
Cara Menjaga Kondisi Knalpot Mobil
Cara Menjaga Kondisi Knalpot Mobil Kondisi knalpot sering kali luput dari perhatian pemilik mobil.

  » 18 April 2014
Cara memasang knalpot racing
Sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran atau knalpot juga memiliki pengaruh terhadap tenaga mesin.

  » 18 April 2014
TESTIMONIAL PEMBELI - modifparts.com
Testimonial Link

  » 5 Januari 2014
Memasang sendiri Cover Brembo Replika di rem Cakram Mobil
Memasang sendiri Cover Brembo Replika di rem Cakram Mobil